Trip Lombok & Gili Trawangan Under 2Juta!

Saturday, May 20, 2017

Hey what's up! It's been a long time doesn't write this blog, so here i back dude

kali ini fika mau bagi tips and trick buat kamu yang mau liburan ke pulau Lombok dan Gili Trawangan. So beberapa waktu lalu kebetulan long weekend dan dapet timing yang pas banget untuk liburan. Awalnya gue mau ke salah satu pulau di kepulauan seribu yang lagi hits banget tapi setelah diperhitungkan ternyata jauh lebih murah kalau aku ke Lombok.
Jadi gue berangkat jam 05.00 pesawat pertama Lion Air, harganya sekitar 500ribuan PP jadi kira kira 1juta lah nah kebetulan waktu itu aku dapet potongan harga dari Traveloka 100ribu jadi untuk tiket PP aku sekitar 900ribu yeay!

Sampai lombok ada beberapa alternatif kendaraan untuk explore lombok,
yang pertama: Sewa Motor, sewa motor disini sekitar 75rb perhari karna kita stay untuk 3 hari jadi kita kena 225rb, sewa motor disini biasanya adanya di daerah mataram jadi kita harus naik damri dulu sampai mataram harganya 25ribu/orang
yang kedua: Sewa Mobil, sewa mobil disini kisaran 250rb perhari so kalau di kali 3hari sekitar 750rb
yang ketiga: Sewa Taxi / Guide hemm disini kisaran 400rb perhari tapi kalian sudah diantar ketempat tempat yang hits di lombok enaknya sih kalian sudah gak perlu pusing lagi, so semuanya tergantung kebutuhan kalian guys

Hari pertama, gue langsung isi perut dulu cari warung nasi terdekat. Ternyata lombok punya menu murah meriah yang namanya Nasi Campur. Bentuknya dibungkus gitu dan isinya sudah lengkap men bahkan ada dagingnya harganya cukup 10ribu saja udah sama minum! Setelah itu gue langsung menuju pantai terujungnya lombok. Yup Pantai Pink, 2 tahun lalu mau kesana tapi gak jadi karna penasaran so kita bela-belain untuk berangkat. Untuk capai pantai pink ini butuh waktu 2 jam dari Mataram guys, perjalanan menuju kesana memang bagus pantainya pun bagus banget tapi sayangnya pantai disini gak sebersih di pantai lombok lainnya, mungkin karna lokasinya yang sangat jauh jadi agak kurang terjamah pemerintah. So buat kamu yang gak terlalu punya banyak waktu aku saranain ini jadi option terakhir kamu aja ya hehe

dan karna hari itu sudah habis dijalan dan kita sempat terjebak hujan so kita langsung Check In ke hotel di Kuta, Hotel yang kita pilih adalah JM Kuta Lombok. Kenapa kita pilih hotel di Kuta? karna di kuta ada banyak sekali destinasi pantai yang keren jadi kita bisa explore lebih banyak pantai hanya dalam hitungan menit. Oiya aku dapet harga hotel yang worth it banget cuma 300rb sudah ada kolam renang dan view yang bagus. Dan lagi lagi ini karna dapet potongan diskon dari Traveloka

(Photo by third party)

Hari kedua, Kita bangun pagi langsung explore pantai sekitar! Cukup 15menit saja kita sudah tiba di Tanjung Aan! pantai disini bagus banget garis pantainya panjang dan masih sangat sepi walaupun sudah makin terkenal. Tiket masuknya cukup 5ribu/kendaraan. Setelah itu kita langsung menuju Bukit Merese, Pantai Seger, Pantai Kuta, Pantai Mawun yang jaraknya super deket-deketan.

Siangnya kita langsung Check Out dan menuju Pelabuhan Bangsal untuk menuju Gili Trawangan. Ada 2 Jalur menuju Bangsal yaitu lewat Jalur Bukit Malimbu atau Pusuk, Karna gue sudah pernah lewat Malimbu so kali ini gue pilih Jalur Pusuk yang juga ternyata 30menit lebih cepat dari pada jalur Malimbu. Pemandangan disini KEREN PARAH. Kalau Malimbu lewat pinggir pantai, kalau Pusuk itu kita berada ditengah kaki gunung guys. Disini kalian juga bisa lihat monyet liar yang ada di sepanjang jalan.
Sampai di Pusuk ada 2 pilihan untuk menyebrang ke Gili Trawangan yaitu Speed boat 85rb/orang yang berangkat setiap jam atau Public Boat 15rb/orang yang berangkatnya tunggu kapal penuh. Karena gue gak buru-buru jadi gue pilih yang murah aja. Sampai di Gili Trawangan gue langsung Check In di Natya Gili Trawangan Hotel. Harganya sekitar 650ribu sudah di diskon sama Traveloka (udah 3 kali nyebutin Traveloka nih haha lama lama jadi iklan) Kenapa agak mahal? Yup disini ada banyak banget hotel murah sebenernya tapi biasanya semakin murah lokasinya semakin kedalam dan satu lagi sistem perairan di Gili masih kurang bagus jadi aku gak mau neko-neko untuk urusan hotel disini

(Photo by third party)

Sorenya kita explore Gili Trawangan! satu hal yang kalian wajib lakukan disini yaitu photo di ayunan hahaha. Di Gili Trawangan ada banyak sekali ayunan yang disediakan oleh hotel hotel besar disana. Paling pas main ayunan sambil tunggu matahari tenggelam. Malamnya gue cari makan di Pasar Gili Night, katanya sih disitu makanan paling murah tapi semurahnya gili tidak semurah di Lombok.

Esok harinya gue sarapan di hotel lalu kita snorkeling. Cukup 100rb saja kita sudah bisa snorkeling mulai dari jam 9 pagi sampai jam 3 Sore. Disini aku snorkeling langsung ke 3 Gili yaitu, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Harga tersebut sudah termasuk Snorkel, Life Jacket, Fin dan Mineral Water. Ada banyak sekali spot disini Guidenya pun gak cuma duduk diperahu tapi juga ikutan nyemplung kelaut dan bahkan bantuin kita nyari penyu di turtle spot.

Sorenya kita kembali ke lombok dan nyobain salah satu makan khas Lombok yaitu Sate Rembiga yang ternyata rasanya enak banget! lalu kita kembali ke bandara

So Total perjalanan aku di Lombok adalah

Bensin 100.000/3 34.000
Total Share: 601.000

Total pengeluaran 1.876.000

So itu dia total pengeluaran gue selama 3hari 2 malam di Lombok + Gili Trawangan semoga bisa bantu kalian yang mau kesana dalam waktu dekat ini ya, see you on next trip