Get Lost in Bali and Nusa Penida

Wednesday, July 26, 2017

Hi dude! how are you guys? Semoga selalu menyenangkan seperti biasanya ya. Perjalanan Fika kali ini akan bahas tentang pulau dewata but jangan harap gue bakal bahas tempat ngegaul daerah Bali ya haha. Kali ini gue dapet kesempatan untuk liburan ke Nusa Penida. Yup, Nusa Penida merupakan salah satu pulau yang ada di Bali, letaknya ada di selatannya Bali. Untuk menuju Nusa Penida dari Jakarta pertama-tama kamu harus ke Pulau Bali terlebih dahulu. Kalian bisa ke Bali dengan cara naik pesawat atau naik kapal laut lewat pelabuhan ketapang (banyuwangi). Nah, kali ini gue nyobain paket promonya Traveloka Flight + Hotel dan ternyata harganya jadi jauh lebih murah guys.

Gue dapet Flight pesawat Jumat jam 7 malam dari Jakarta, dari kantor gue langsung menuju Soekarno Hatta via Damri dari Stasiun Gambir. Sayangnya gue kena drama maskapai pesawat yang hobi delay (ya silahkan ditebak sendiri) selama 120 MENIT + ANTRI IZIN TAKE OFF. Yup! yang harusnya gue disana tiba jam 10an ternyata gue harus rela sampai sana sekitar jam 2an. Oiya harga tiket pesawat Jakarta-Bali sekitar 500ribuan dan karna gue pakai paket promo Flight + Hotelnya Traveloka, so gue cukup bayar Rp 1.150.000 aja sudah termasuk PP Peaswat dan Hotel di The Griya Sanur Hotel ini sih menurut gue lumayan banget ya di weekend bisa dapet harga segitu. Jam 2 malam di kota orang udah gitu kita cewe cuma berdua tetap aman kok karna ternyata masih banyak Go-Car berkeliaran jam segitu. Kenapa gue pilih di Penginapan di daerah Sanur? Karna besok paginya gue harus ke Pelabuhan Sanur untuk nyebrang ke Pulau Nusa Penida. So ini dia The Griya Hotel Sanur

(Photo by third party)

Besok paginya dengan waktu tidur yang agak kurang OK, kita berangkat super pagi menuju Pelabuhan Sanur yang adanya dekat Pantai Matahari Terbit. Disini kita sudah pesan tiket yang sudah termasuk dengan paket Guide kita ke Nusa Penida. Oiya kalau ada yang mau tau kontaknya, kalian bisa cek di websitenya www.sokanusapenidatour.com biayanya sekitar 500.000/orang (tergantung jumlah orang dan paket yang diambil) sudah termasuk tiket fastboat, makan siang, biaya masuk tempat wisata, guide dan BBM. Lama waktu penyebrangan dari Pulau Bali ke Pulau Nusa Penida kurang lebih sekitar 1 jam menggunakan Fast Boat nah kali ini kita pakai fast boat dari Mola-Mola Express.
(Photo by third party)

Sampai di Nusa Penida kita sudah disambut guide kita dan langsung menuju pemberhentian pertama kita yaitu Pasih Uug atau orang bule biasa sebut Broken Beach dan Angles Billabong. Sayangnya saat itu air laut sedang pasang dan sangat bahaya kalau kita turun ke bawah jadi kita cuma bisa ambil foto dari atas. Nah ini dia beberapa pemandangannya


Setelah itu kita menuju Kelingking Beach. Menurut gue ini spot terfavorite diantara semuanya. Tempatnya keren banget dan pantainya serius bersih banget! Warna gradasinya itu loh gila keren abis! Oiya dideket pantai kelingking ini juga ada spot foto yang lumayan hits yaitu Pohon Cinta. Gue sendiri gak tau kenapa disebut Pohon Cinta tapi pemandangan dari atas sini serius bisa bikin jatuh cinta sama Pulau Nusa Penida, mungkin itu alasannya? Haha ngasal sih gue. Nah ini dia beberapa foto kita disana.




Setelah itu kita makan. Gue lupa nama tempatnya apa tapi dia ada di sebrang Hotel Penida Inn menurut gue sih lumayan OK karna disini emang gak ada restauran besar. Seriously guys, actually Nusa Penida itu masih virgin, masih jauh banget dari hingar bingar. Setelah perut kenyang kita langsung menuju destinasi terakhir yaitu Christal Bay. Pantai disini pasirnya hitam tapi kalau diperhatiin ada glitter-glitter gitu di pasirnya apalagi kalau kena matahari keliatan sekali glowingnya.
setelah itu kita kembali ke pelabuhan dan nyebrang ke Bali. Sorenya gue menuju ke Hotel ke-2 gue yang adanya di Jimbaran naik Go-Car. But guys kalau mau naik taxi online dari sini kalian harus jalan agak jauh sampai ketemu Mcdonald karna taxi online dilarang masuk ke daerah sini.



Sampai di Jimbaran kita langsung menuju Hotel Maxone Jimbaran. Seriously ini hotelnya lucu banget, dengan biaya Rp 340.000 pesan via Promonya Traveloka sudah dapat room dengan pemandangan Sea View! dan di level 7 hotel ini ada yang namanya Sky Max. Di skymax ini ada spot yang menurut gue asik banget buat photo-photo. Oiya ada kolam renangnya juga dengan pemandangan langsung ke laut. So ini dia beberapa photo gue disana







Siangnya setelah check out dari hotel kita dijemput oleh guide kita. Yup kali ini kita gak pake Go-car, karena kita akan menuju ke tempat-tempat yang agak sulit dijangkau oleh taxi atau ojek online jadi kita harus pakai Guide. Oiya guide disini rata-rata harganya per-10jam sekitar 450-600rb. Ini contact Guide yang kemarin nemenin kita, namanya Pak Danan 0812 3606 1978. Destinasi pertama kita setelah check out adalah Pantai Pandawa, ini kedua kalinya gue kesini. Pantainya bagus banget pasirnya putih tapi kenapa selalu ramai banget, saran gue kalau kalian mau nikmatin pantai pandawa kalian harus jalan dulu sedikit ke ujung kanan karna disini jauh lebih sepi dan ada semacam gua gitu disana.





Setelah dari pandawa kita menuju Pantai Melasti. Disekitar Pantai Melasti ini ada spot photo yang lagi hits dengan jalanan diantara tebing tinggi disekitarnya, pantainya juga asik banget buat surfing. Oiya pantai ini juga masih baru jadi masih belum terlalu ramai.




Setelah dari melasti, kita menuju ke Pura Uluwatu tapi sebelumnya kita mampir sebentar ke Abian Subak Kopi Luwak. Sumpah disini seru banget, kita bisa liat pembuatan kopi mulai dari pohonnya sampai benar-benar jadi coffee luwak tapi gak cuma coffee yang dijual disini, ada banyak minuman traditional yang seger banget. Oiya cara pesennya juga unik. Pertama kita akan dibawakan tester yang banyak banget baru setelah itu kita pesan minumannya. Harganya juga cukup terjangkau hanya 30ribu percangkirnya dan 50ribu percangkir untuk kopi luwak.




Setelah itu baru kita menuju Pura Uluwatu untuk nonton tari kecak sambil menikmati sunset. Actually this is my second time but gak pernah nyesel liat tari kecak disini dengan pemandangan super mevvah!



Terakhir kita mampir sebentar untuk makan Ayam Betutu Gilimanuk dan belanja oleh-oleh di Krisna lalu menuju bandara. Itu dia perjalanan gue selama di Bali and then this is the conclusion:

Budget :
Tiket Pesawat PP + The Griya Sanur Hotel : Rp 2.300.000/2orang = Rp. 1.150.000
Go-Car dari Bandara ke The Griya Sanur Hotel : Rp 40.000/2orang = Rp. 20.000
Go-Car dari The Griya Sanur Hotel ke Pelabuhan Sanur : Rp 16.000/2orang = Rp. 8.000
Guide Nusa Penida : Rp 1.000.000/2orang = Rp 500.000
Go-car Pelabuhan Sanur ke Maxone Hotel Jimbaran : Rp 80.000/2orang = Rp. 40.000
Guide (Supir + Mobil dan BBM 10 Jam) : Rp. 450.000/2orang = Rp. 225.000
Ayam Betutu Gilimanuk (Paket Betutu campur + air mineral) = Rp. 43.000
Total : 1.986.000


Tips Irit:
Jujur aja diantara semuanya yang paling menguras dompet itu adalah Guide di Nusa Penida saran gue kalo kalian mau jauh lebih irit kalian bisa ajak lebih banyak teman karna semakin banyak orang paketnya jadi semakin lebih murah. Atau kalian bisa pilih salah satu aja entah only Nusa Penida or only Bali. Kalau untuk makan sih gue lebih pilih makan di warung pinggir jalan atau makan KFC atau McD yang harganya udah pasti haha so itu i think that all guys, semoga berguna ya. See you in another trip guys

You Might Also Like

1 comments

  1. Haloo sis. Mau tanya nih. Kalo dr bandara naek go car / grab. Itu gapapa ya? Pesennya apa harus keluar bandara atau di penjemputan? Stauku taxi online go car atau grab ga bole jemput. Cuma nurunin penumpang aja.
    Aq mau ke bali soalnya. Dulu kesana naik bis sih. Minta sarannya ya sis. Thx u.

    ReplyDelete