Super Short Trip Laskar Pelangi - Belitong

Monday, June 26, 2017



Hi pasti kalian tau film Laskar Pelangi dong? Apasih yang paling identik disana? Yup Pantainya yang dihiasi dengan batu batu granit besar dan tinggi pastinya. Kali ini Fika mau share sedikit SUPER SHORT TRIP gue ke pulaunya laskar pelangi yaitu Belitung atau orang sini sih bilang Belitong. Begitu liat paket murah gue langsung choose get lost in Belitung with Citilink yang pastinya lagi lagi pesan lewat Traveloka. Sampai sana gue langsung naik taxi plat hitam dan langsung menuju Pantai Tanjung Kelayang? kenapa gue lebih pilih ke Tanjung Kelayang dari pada Tanjung Tinggi (Pantai Laskar Pelangi) Yup! you right, karena gue gak punya waktu banyak. Ini adalah super shirt trip gue  nekat explore pulau orang dalam waktu 1 hari. Dari pantai Tanjung Kelayang disana sudah banyak orang yang mau sewain kapalnya, cukup bayar 400ribu rupiah kamu udah bisa keliling pulau pulau kecil disekitar pulau belitung seharian guys! So Pulau apa aja yang gue kunjungi? let's check this out.

First of All, Pantai Batu Garuda
Waktu itu aku naik kapal kayu gitu lupa nama kapalnya apa tapi aku inget nama mas yang bawa aku muter muter waktu itu mas Jo. Pertama banget aku ke Pantai Batu Garuda. Entah kenapa namanya Batu Garuda mungkin karena bentuk satuan batu itu kalau di liat dari jauh seperti lambang negara kita yaitu burung garuda.




Next, Pulau Pasir
Sesuai namanya, pulau ini hanya terdiri dari dari kumpulan pasir. Pulau Pasir hanya ada ketika air laut sedang surut. Beruntung gue saat itu datang disaat yang tepat! Oiya biasanya ada banyak bintang laut disana. By the way guys, kalau kalian mau foto sama bintang laut jangan lama lama dibawa keluar air ya. Bintang laut itu bernafas melalui kulit kalau kelamaan biasanya dia akan mengeluarkan bau amis kurang sedap dan kalau dibiarkan bisa-bisa dia mati.


Third, Pulau Lengkuas
Yup pulau ini terkenal banget sama Mercusuarnya. Sayang waktu itu sedang ada perbaikan jadi gue gak bisa naik ke atas. Ohiya gue punya cerita sedih sedikit di Pulau ini. Jadi waktu itu diantara batu batu besar entah gimana ceritanya ternyata ada penyu yang cukup besar terjebak diantara batu-batu itu. Entah udah berapa hari dia disana dan udah berapa lama dia berusaha buat keluar dari batu batu itu yang jelas begitu gue liat siripnya udah luka-luka dan berdarah. Karena badannya yang begitu besar dan gak kuat kalau harus diangkat sendirian akhirnya gue coba mencari bala bantuan untuk orang sekitar buat angkat penyu itu akhirnya penyu itu berhasil diangkat oleh 5-6 orang guys! Sempat ada yang bilang kalau penyu itu udah dari kemarin ada disitu dan ada yang bilang kalau dia sudah mati buuuut Alhamdulillah masih bisa diselamatkan hari itu. Semoga sekarang dia sudah happy kembali ke laut lepas ya. honestly I really hope we can meet again.








Next, Pulau Batu Berlayar
Dari semua pulau disini menurut gue ini pulau paling unik sih. Pulau ini cuma terdiri dari pasir dan jajaran batu granit yang super besar. Subhanallah ya Allah emang luar biasa. Tiap sudut dari pulau ini ada spot photo yang OK punya tapi diantara semuanya yang paling gue suka itu di tempat gue photo ini yaaa manjatnya agak lumayan sih tapi haha



Last but not least, Pulau Kelayang
Correct me if i'm wrong ya, di pulau ini sepertinya berpenghuni karna gue sempet liat ada semacam rumah warga dan saung gitu. Kalau kalian suka banget explore pulau kalian bisa masuk kedalam pulau dan liat disana nyaris ada hutan yang dikelilingi batu super besar gitu, agak horor sih sebenernya tapi seru juga loh pokoknya kalian wajib coba. Oiya kalau air laut lagi surut kalian bisa nyebrang ke pantai Batu Garuda dari sini, tapi hati hati yah walaupun dangkal tapi sudah ada banyak karang disekitarnya pakai sendal ya supaya gak terluka.




Itu dia super short trip gue selama di Belitong, seandainya gue punya lebih banyak waktu sebernernya mau banget mampir ke SD Mohammadiah Gantong AKA SD Laskar Pelangi, Danau Kiluan, Pantai Tanjung Tinggi, Museum Kata Andrea Hirata, nyobain Mie Atep dan denger denger disini banyak kopitiam. Semoga next time dapet kesempatan buat balik lagi kesini ya guys. So itu dia review dari gue semoga berguna untuk kalian ya guys. See you next trip!

You Might Also Like

0 comments