ASEAN Trip : Story di Sponsorin 5 brand sekaligus untuk traveling

Sunday, March 25, 2018

Setelah menunda beberapa minggu dikarenakan banyaknya aktifitas yang sedang kami kerjakan, Finally hari ini ada kesempatan luang buat share perjalanan kami kemarin selama ASEAN Trip!
So gak usah terlalu lama kali ya intronya, kalian pasti sudah penasaran! here we go!

Awalnya ini adalah ide teriseng yang gue dan bela cetuskan ketika kita ke Singapore (November 2017) "kalo aja kita free (libur kerja) gua pengen kita mampir ke Malaysia dulu deh naik kereta, terus lanjut ke Thailand, Laos, Vietnam deh naik bus!" "Iya ASEAN trip biar cap di passport gua banyak haha" "Ah gila seru banget pasti" yap begitu lah kira-kira percakapan kita saat itu hingga suatu hari (tepatnya awal januari 2018) gue memutuskan untuk resign dari kerjaan gue karna ngerasa ingin istirahat sejenak dari kerjaan dan ingin jalan-jalan dulu hingga muncul lah lagi suatu keinginan di otak gue "Pokoknya sebelum gua mulai kerja lagi di tempat baru, gue harus traveling dulu! entah kemapun itu! Tapi cukup gak ya sisa gaji gue?" sampai akhirnya entah pikiran dari mana suatu malam ditengah sibuknya persiapan gue merapihkan kerjaan sebelum resign, gue coba buat proposal yang bikinnya cuma 2 jam! yap cuma 2 jam! se hopeless itu karna gue cuma mikir "Coba coba kali ya sebar proposal, dapet sukur gak dapet yaudah".


Eiger Adventure Indonesia

Hari demi hari mulailah gue untuk share proposal gue ke brand via Email dan juga DM via Instagram satu persatu. Lalu adakah yang respon? tentu banyak! mereka respon untuk mengalihkan email gue ke PICnya namun hanya mengalihkan, abis itu ilang lagi hahaha ada juga yang bilang "Halo kami tertarik bla bla bla... " tapi setelah di hubungi orangnya ilang lagi hahaha PHP deeeh :") Hingga suatu hari tanpa sengaja gue liat akun instagram Eiger Adventure @eigeradventure yang lagi cari kegiatan yang akan di sponsorin oleh Eiger. Belajar dari kesalah sebelumnya (di PHPin brand) maka gue sedikit merenung, mungkin proposal gue kurang menarik. Akhirnya 1 hari sebelum gue kirim proposal gue ke Eiger maka gue rapihin lagi proposal gue, baik dari penulisan maupun design (Alhamdulilah kebetulan gue dan bela seorang designer saat itu) dan dengan kekukatan ilmu ikhlas "dapet sukur gak dapet yaudah yang penting udah usaha" akhirnya kita kirimkanlah proposal kita ke Eiger Adventure Indonesia.

Minggu ke minggu berlalu dan masih belum ada tanggapan yang signifikan dari brand manapun. Gue pun mulai hopeless dan mulai mikir "yaudah lah gue mulai sebar CV aja ke perusahaan lain buat kerja lagi dari pada sebar proposal gak ada kabar baik haha nanti travelingnya ke yang deket-deket aja". Namun takdir berkata lain, tepat tanggal 14 Februari (1 hari sebelum gue resign dari kantor) siang itu adalah hari ternyengir gue! Tiba-tiba siang itu ada telfon yang percakapannya begini

Mas Ari : "Halo dengan Rafika Aulia Noviyanti?"
Fika : "Iya benar"
Mas Ari : "Saya Ari dari Eiger Adventure, gimana tgl 3 jadi Lost in Asean nya?"
Fika : gua langsung mukul bela yang kebetulan lagi duduk di sebelah gua
"Maunya sih jadi mas, apalagi kalo di sponsorin hahaha"
Mas Ari : "Oke Eiger bersedia untuk sponsorin kamu nih, kita akan kasih beberapa produk kita, kamu ada whatsApp kan nomornya?"
Fika : "Ada kok mas" *masih shock jawabnya dikit dikit wkwk
Mas Ari : "OK nanti saya kirim foto-foto produk kita via WhatsApp kamu nanti pilih aja ya mau yang mana"
......

Yap kalian gak salah baca! kata kata terakhirnya adalah "kamu nanti pilih aja ya mau yang mana" setelah telponnya di tutup gua dan bela cuma bisa lompat-lompat padahal kita masih belum tau uang dari mana karena Eiger hanya kasih berupa produk yang mungkin kalian tau berapa harga tas carrier dan sweaternya Eiger yang kalau di uangin sebenernya cukup banget buat balikin modal perjalanan kita tapi bukan itu yang kita inginkan.
Akhirnya karena sudah pede kita disponsorin oleh salah satu brand traveling ternama, mulailah gue sebar proposal ke brand lain. Gue mulai buat pengumuman di Instagram kalau kita akan melakukan Asean Trip dan kita open sponsor untuk siapapun yang mau bantu kita. Semua teman satu persatu gue chat untuk minta bantuan repost instastory gue tujuannya untuk reach lebih banyak sponsor dan mulai cari audience untuk gua arahin ke platform akun jalan-jalan gue yaitu @ngilang.sebentar

Amazara

Mungkin kalian bisa check artikel traveling gue ke Singapore dan Yogyakarta yang banyak banget photo pakai sepatunya Amazara sampai gue iseng tag ke instagramnya Amazara bahkan akhirnya sempet di repost dan dapat Free 1 Sepatu! Yap sejak saat itu gue membangun hubungan baik dengan Amazara dengan share beberapa photo traveling gue ketika pakai produknya mereka. Dan mulailah kepikiran "kira-kira Amazara mau sponsorin gak ya.." lalu kirim proposal via email dengan lagi lagi sistem ikhlas (dapet sukur gak dapet yaudah) gua coba kirim email ke Amazara dan kirim DM via Instagram juga. Diluar dugaan gue! Ide gue di sambut dengan sangat baik hingga akhirnya gue dihubungi oleh Kak Yeye via WhatsApp.

Yang bikin sedikit terkaget adalah ketika gue tanya "MoU nya mau dari aku atau dari Amazara aja kak?" dan dia bilang "Gak perlu MoU ka sebagai kontaprestasinya kita minta soft file foto-fotonya dengan beberapa request pose dan background, kami akan kirimkan masing-masing 2 sepatu ya kak" Gila gak sih! Sepercaya itukah Amazara dengan hasil photo gua yang alakadarnya ini? hahaha dan see, Kak Yeye bilang kalau dia akan kirim masing-masing 2 Sepatu! Malam itu gua langsung hubungi bela dan dia cuma bilang "Serius fik? ah gila!"

Gue udah mulai hari sebagai pengangguran dan mulai jarang ketemu Bella karena kita sama-sama lagi sibuk (iya gua mah nganggur aja sibuk wkwk) sampai akhirnya gue sempetin ketemu bela seminggu sebelum berangkat karna kita masih belom beli tiket pesawat dan pesen hotel dan bahkan masih belum ngereview ulang itinerary kita. akhirnya gua sempetin ketemu bela yang cuma 3 jam! dan tiba-tiba nyokap gue whatsApp kalau sepatunya Amazara udah dateng terus dikirimin photonya lah. Pas dikirim gue agak bingung kok dusnya ada 6 sampai akhirnya gua langsung buru-buru pulang. Dan bener ternyata mereka kirim sepatu masing-masing 3pcs! total jadi 6 sepatu yang akan kita pakai! Ini beneran Gila kalian bisa bayangin tas gua fix penuh dengan sepatu yang gemes-gemes banget! haha bahkan nyokap gue bilang "Ini beneran dia ngasih segini banyak? emang kamu siapa? artis? selebgram?" hahahaha gua pun bingung jawabnya tapi yang jelas gue seneng banget banget!


Broodis

Ini bener-bener bikin gue banyak belajar kalau The Power of Friend itu nyata banget guys! Siapa sangka tiba-tiba temen SD gue, yap gua ulangi ya, temen SD (Sekolah Dasar) gue yang udah gak ketemu bertahun-tahun dan kebetulan follow-followan di Instagram liat Story yang gue tentang ASEAN trip ini dan tiba-tiba nge DM yang bunyinya begini "Fik, suka pake flanel gak? kalo mau gw sponsorin nih brand gue (ngasih link)" "Nanti screenshoot aja ya mau yang mananya, pilih 2 ya fik"

GUYS! I even didn't know kalo Ramadhan Pradana temen SD gue ini orang Broodis! Gue sedikit shock sejujurnya hahaha pas gue buka Broodis ternyata banyak banget temen cowok gua yang follow dan bilang kalo Broodis itu bagus! I know Broodis itu Men's Clothing but siapa sangka sih tawaran ini dateng dari temen yang tatap muka pun gak pernah bertahun tahun lamanya haha lagipula gak ada salahnya kan cewek pakai baju cowok?
Lagi-lagi brand kali ini karena kebetulan tawarannya dateng dari temen gue jadi gue gak perlu ribet-ribet kirim MoU dia cuma minta pure photo aja tanpa request apapun sungguh ku terharu hahaha


Kapal Pecah Studio

Lagi-lagi The Power of Friend bekerja. Mungkin kalau kalian suka gambar, kalian kenal siapa itu Jamal M Azis atau yang dikenal dengan nama instagram @lapantigatiga yang terkenal banget dengan gambar barong setengahnya. Kebetulan gue kenal Jamal ketika aktif di kegitan gambar yaitu Morning Drawing dulu. Dan akhirnya dikenalin sama pacarnya (yang sekarang jadi istrinya) yaitu Indri Muchtar @indrimuchtar , mungkin karena passion gua dan Indri itu sama akhirnya gue jadi nyambung banget kalo ngobrol sama Indri bahkan sampai curhat-curhatan haha gue sempet cerita ke Indri kalau gue mau ASEAN trip waktu ketemu Indri 2 minggu sebelum keberangkatan gue selayaknya cerita ke temen tentang berita bahagia lu BUT siapa sangka tiba-tiba Indri nge-DM gue

"Fik, dari kapal pecah cuma bisa bantu support T-shirt sama Scraf nih, kirimin alamat lengkap ya nanti gue gojekin" kaget gak sih tiba-tiba bantuan itu datang dari temen deket lu yang baru lu temuin beberapa hari lalu! Yap Kapal Pecah ini adalah usahanya mereka untuk jual karya seni mereka yang dituangkan ke beberapa produk seperti kaos dan scraf. Jujur ketika gue pakai brand temen sendiri (yang notabennya tau gimana susah senengnya dibalik brand itu) gue ngerasa bangga sendiri bawa produk itu ke luar negeri haha dan lagi-lagi karena ini produk temen makan gue gak perlu MoU bahkan dia gak minta foto haha dia bener-bener pure mau support ASEAN trip impian gue ini haha lagi-lagi gue terharuuu :")))


Nokha

Lat but not least, tiba-tiba dia hadir di Instagram ads ketika gue scroll jujur langsung jatuh cinta pada pandangan pertama ketika liat boots nya! Banyak banget sapatu boots untuk traveling yang gue liat tuh kaku banget tapi beda banget sama Nokha. Sepatu bootsnya stylist banget, gue langsung mikir "Sumpah lengkap banget kehidupan traveling gue kalo punya bootsnya Nokha dan pake carriernya Eiger" jujur ini gua ngerasa sedikit serakah karena gue kan udah punya sepatu banyak banget dari Amazara tapi gue mikir "Amazara dan Nokha walaupun sama-sama brand sepatu tapi beda banget stylenya. So gue langsung DM Nokha saat itu juga.

Ternyata di luar presdiksi gue, Nokha kasih fast respon yang positif banget! Malam itu juga gua jelasin ke Kak Susan via WhatsApp tentang perjalanan kita nanti dan dia bilang "Kebetulan besok kita ada meeting, kamu pilih aja ya mau sepatu yang mana" Oh God lagi-lagi kata-kata itu keluar. Karena last minute Nokha bener-bener ngegampangin seluruh proses sponsorship! Dan kalian tau apa yang Nokha minta? dia gak minta foto ataupun video untuk di share. Nokha cuma minta tips dan trick selama perjalanan ASEAN trip kita ini.


OK ini udah terlalu banyak! dan gue memutuskan untuk close sponsorship karena kami nanti akan backpackeran, pindah ke tempat yang satu dan lainnya bawa-bawa carrier. Namun tiba-tiba mulai banyak temen yang nanya-nanya dan bilang mau kasih support astaga disatu sisi gua seneng banget tapi disisi lain gue gak boleh serakah hahaha dan akhirnya barang dateng satu persatu ke rumah gue dan gak ada satupun yang ngecewain! Semuanya keren-keren banget dan bahkan gue bingung kenapa bisa dapet barang segini banyak yang alhamdulillah mungkin kalau di totalin ini balik modal banget dengan biaya kepergian ASEAN Trip gue ini.

kalo kalian mau tau berapa biaya ASEAN trip gue dan kemana aja kalian bisa check disini

Iyap kalau kalian berfikiran, "enak banget fik disponsorin jalan-jalan gratis" monmaap sodara sekalian salah besar hehe ASEAN Trip kali ini full pakai gaji kita masing-masing. Walaupun disponsorinnya hanya berupa produk tapi kita seneng banget karena bisa bawa local brand Indonesia go international dan gue dan bela coba berfikir positif "Anggap aja kita sebenernya dibayarin tapi uangnya kita pakai untuk beli produk yang semuanya adalah produk yang kita butuhin"

So itu dia kisah gue disponsorin 5 Local Brand sekaligus untuk traveling, semoga bermafaat buat temen-temen semua hihi see ya on my next post!

You Might Also Like

1 comments

  1. mantep banget ini kaaa. wkwkwkwk duhhh harusnya aku mikir beginiya 😂

    ReplyDelete